Contoh CV Bahasa Indonesia Dan Cara Penulisannya Yang Benar

Curiculum Vitae (CV) selalu menjadi poin utama yang akan ditanyakan saat melamar suatu pekerjaan dalam bidang apapun. Untuk itu sangat penting bagi Anda khususnya yang berencana mencari lowongan pekerjaan mengetahui contoh CV dan cara penulisannya yang benar. Tidak jarang para pencari kerja belum paham bagaimana membuat CV agar bisa diterima dengan baik saat melamar pekerjaan.

Pihak HRD biasanya akan melihat pelamar dari bentuk CV yang dibuatnya dan tidak bertatap muka langsung dengan pelamar. Maka dari itu kemampuan menulis CV yang baik dan benar bisa membantu meningkatkan kemungkinan dipanggil untuk proses selanjutnya termasuk interview. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat CV yang benar?

Dalam membuat CV tentu saja harus memuat data data secara lengkap dan detail sehingga bisa menjelaskan secara keseluruhan mengenai data diri dan prestasi diri. CV akan menjadi sebuah pertimbangan dalam melengkapi persyaratan untuk melamar pekerjaan dan kebutuhan registrasi lainnya. Untuk itu dalam membuat CV harus benar benar lengkap namun disajikan secara singkat, padat dan jelas.

Komponen Penting Dan Contoh CV Bahasa Indonesia Yang Benar

Pada dasarnya, curiculum vitae (CV) dibuat untuk memberikan informasi tentang diri pelamar kepada perusahaan yang akan menerimanya. Jika diperhatikan dengan baik, contoh CV yang bisa ditemukan di internet memiliki berbagai komponen penting di dalamnya, seperti :

  1. Identitas pribadi

Identitas diri merupakan data pertama yang harus dicantumkan dalam sebuah CV pelamar kerja. Data ini nantinya akan menerangkan informasi prinadi pencari kerja yang dibutuhkan HRD perusahaan untuk mengetahui identitas pelamar. Data tersebut terdiri dari nama lengkap, tanggal lahir, usia, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

  1. Deskripsi diri

Disini Anda bisa mempromosikan diri agar menarik perhatian pihak HRD perusahaan dengan menerangkan apa saja keunggulan yang dimiliki. Pastikan penjelasannya dibuat dengan ringkas agar pihak HRD nantinya bisa menggambarkan sosok pelamar kerja dengan tepat. Semakin baik Anda mendeskripsikan diri, semakin besar kesempatan diterima dalam proses recruitment tersebut.

  1. Riwayat pendidikan dan pelatihan

Mencantumkan riwayat pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi lengkap dengan tahun masuk dan tahun kelulusan sangat penting untuk dimasukkan ke dalam CV. Selain pendidikan formal, Anda juga wajib mencantumkan pendidikan non formal yang pernah diikuti seperti pelatihan-pelatihan.

  1. Pengalaman organisasi

Pengalaman berorganisasi sangat penting untuk dimasukkan ke dalam CV. Tujuannya agar nanti pihak HRD bisa melihat keaktifan pelamar kerja dalam bekerja sama di sebuah tim. Pengalaman organisasi juga bisa membantu meningkatkan fresh graduate terutama bagi yang belum memiliki pengalaman kerja. Jangan lupa untuk menuliskan secara detail jabatan atau kegiatan yang sudah Anda lakukan dalam organisasi tersebut.

  1. Keahlian tambahan

Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak HRD perusahaan, tambahkan keahlian lain yang Anda miliki. Misalnya kemampuan dalam berbahasa asing, keahlian komputer, dan keahlian lainnya yang dinilai dapat menunjang pekerjaan yang dijalani nantinya.

  1. Prestasi

Prestasi akademik dan non akademik sangat penting untuk dicantumkan ke dalam CV. Disini Anda harus menjelaskan apa saja prestasinya, tahun berapa mendapatkannya, saat pendidikan apa, dan siapa yang menyelenggarakannya.

  1. Pengalaman kerja

Komponen terakhir yang harus dicantumkan dalam CV yaitu pengalaman bekerja dan referensi dari perusahan sebelumnya. Jangan lupa untuk menjelaskan posisi pekerjaan yang pernah dijabat, tahun mengabdi, nama perusahaan, dan alasan mengundurkan diri dari tempat bekerja sebelumnya.

Cara Penulisan Dan Contoh CV Yang Benar

Setelah mengetahui berbagai komponen penting dalam penulisan CV, selanjutnya Anda harus tahu bagaimana cara menulis CV yang benar agar bisa diterima oleh HRD perusahaan. Beberapa tips menulis CV yang bisa Anda lakukan dengan mudah diantaranya :

  • Gunakan kertas putih polos berukuran A4 80 gram dengan tujuan agar pembaca terfokus pada isi CV, bukan pada kertasnya.
  • Buatlah tampilan yang rapi dan indah lengkap dengan komponen-komponen penting yang memang bisa menarik perhatian HRD perusahaan.
  • Perhatikan jenis font yang digunakan. Jika pembuatan CV dilakukan dengan diketik, pastikan font yang digunakan merupakan font resmi seperti arial atau times new roman dengan ukuran 11 atau 12 pt.
  • Gunakan tata bahasa, tanda baca dan ejaan sesuai dengan EYD agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Jangan sampai nantinya pembaca bingung dengan apa yang dituliskan dalam CV.
  • Gunakan gaya eksplisit yaitu penulisan kalimat yang detail dan jelas sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dari pembaca dan arti yang ambigu.
  • Jangan membuat CV lebih dari 2 halaman. Buatlah dengan singkat dan jelas tanpa harus bertele-tele sehingga hasilnya tidak beberapa halaman.

Nah, beberapa poin penting mengenai cara penulisan CV Memang harus benar benar dipahami dengan baik agar membuat CV lebih menarik dan bisa menjelaskan dengan detail mengenai data diri. CV harus dibuat semenarik mungkin, namun bisa menjelaskan secara singkat dan jelas.

Contoh CV Untuk Lamaran Kerja Dokter

Curriculum Vitae (CV)

Data Pribadi

  • Nama : Adrian Suhendro Malik
  • Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 3 April 1989
  • Alamat : Jalan Ahmad Yani No. 12, Bandung
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Agama : Islam
  • Kewarganegaraan : WNI
  • Status : Belum Menikah
  • Telepon : 085342727876
  • Email : adriansmalik12@gmail.com

Pendidikan Formal

  • 1995-2001 SDN 1 Bandung
  • 2001-2004 SMPN 24 Bandung
  • 2004-2007 SMAN 12 Bandung
  • 2007-2013 Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Pelatihan Dan Seminar

  • Pelatihan EKG di RS Dharma Bakti
  • Pelatihan BCLS di RS Ahmad Yani

Pengalaman Kerja

  • Dokter jaga UGD RSUD Kota Bandung
  • Dokter praktek pribadi
  • Dokter pengganti di Puskesmas Bandung

Prestasi

  • Olimpiade Sains Tingkat Universitas Peringkat 2 Tahun 2009
  • Karya Ilmiah Remaja Antar Universitas Se-Indonesia Juara 1 Tahun 2010
  • Lomba Cerdas Cermat Antar Fakultas Di Universitas Juara Umum 2 Tahun 2008

Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saja. Terimakasih atas segala perhatiannya.

Tanda Tangan

 

Adrian Suhendro Malik

 

Agar CV terlihat lebih menarik dan berkesan maka harus dibuat dan didesain semenarik mungkin. Hal ini karena biasanya CV yang menarik akan menjadi salah satu pertimbangan pihak HRD terutama pada saat melamar pekerjaan. Untuk itu sebaiknya desain CV semenarik mungkin dengan penjelasan yang lebih detail sehingga bisa menjelaskan secara keseluruhan mengenai data diri.

Dengan membuat CV yang menarik dan menjelaskan data diri secara detail maka hal ini bisa menjadi sebuah pertimbangan bagi sebuah perusahaan. Sebaiknya CV dibuat hanya dalam 1 page saja agar lebih simpel dan menjelaskan lebih singkat namun detail. Pelajari cara membuat CV yang benar dan terlihat lebih menarik agar menjadi sebuah pertimbangan untuk sebuah pekerjaan.

About the author: achmad

Related Posts