Contoh Surat Keterangan Kerja Dalam Beberapa Bidang Pekerjaan

Contoh surat keterangan kerja – Surat keterangan kerja biasanya digunakan oleh karyawan yang mempunyai ikatan kerja. Surat ini dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja. Adapun tujuan pembuatan surat keterangan kerja ini untuk memberikan informasi bahwa orang yang bersangkutan memang bekerja dan aktif sebagai pekerja di suatu perusahaan.

Isi dari surat keterangan kerja itu sendiri menjelaskan perilaku dan professional seseorang saat bekerja di perusahaan. Fungsi surat kerja dibutuhkan ketika seorang karyawan berurusan dengan orang ketiga yang akan memeriksa apakah orang tersebut benar-benar bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Misalnya digunakan untuk pinjaman bank, pengambilan asuransi, atau kredit.

Surat keterangan kerja memang seringkali dibutuhkan sebagai bagian dari sebuah persyaratan dalam mengurus sebuah dokumen tertentu. Surat keterangan kerja ini bisa menjadi salah satu bagian dokumen pendukung atau dokumen pelengkap untuk melengkapi persyaratan dalam sebuah urusan atau lainnya.

Manfaat Penting Surat Keterangan Kerja

Seperti namanya, surat keterangan kerja bermanfaat sebagai surat penunjuk yang sah dan bukti bahwa Anda memang bagian pekerja atau karyawan di sebuah perusahaan. Beberapa manfaat penting lain dari surat keterangan kerja yang harus Anda ketahui diantaranya :

  1. Sebagai dokumen tambahan yang digunakan saat resign atau pindah kerja. Dengan adanya surat ini Anda bisa mengklaim bahwa Anda bukan dipecat dari perusahaan sebelumnya, akan tetapi mengundurkan diri karena suatu dan lain hal.
  2. Bukti pengalaman kerja yang dapat digunakan saat ingin melamar beasiswa. Dalam surat keterangan kerja Anda bisa menjelaskan perilaku positif dan pengalaman yang menggambarkan arah rencana hidup untuk kedepannya.
  3. Sebagai pelengkap administratif saat Anda ingin melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan birokrasi.
  4. Sebagai dokumen pembukti ketika Anda ingin membuat asuransi ketenagakerjaan yang dibuat khusus untuk orang-orang yang aktif bekerja.

Contoh Surat Keterangan Kerja Dan Cara Penulisannya Yang Baik

Membuat contoh surat keterangan kerja sebenarnya tidaklah sulit karena memang tidak ada perbedaan khusus seperti pada pembuatan surat biasa. Namun dalam tata cara penulisannya terdapat beberapa komponen penting yang harus diperhatikan saat membuat surat keterangan kerja, yaitu :

  • Mencantumkan kop surat (opsional)
  • Kepala surat terdiri dari perihal surat, isi surat, dan penutup
  • Pada bagian isi terdiri atas biodata pembuat surat dan biodata yang diterangkan
  • Pengesahan

Selanjutnya untuk langkah-langkah penulisan surat keterangan yang bisa Anda lakukan diantaranya :

  • Tuliskan data pribadi dari pihak yang menerangkan, baik itu manajer divisi atau manajer HRD perusahaan. Lengkapi semua data mulai dari nama, jabatan, sampai kontaknya.
  • Cantumkan data pribadi dari pihak yang diterangkan selengkap mungkin.
  • Isi surat memuat :
  • Keterangan bahwa Anda merupakan bagian dari perusahaan tersebut dan bekerja sebagai karyawan di dalamnya
  • Posisi kerja, lama kerja dan remunerasi atau gaji yang biasanya akan dijadikan sebagai persyaratan di beberapa perusahaan
  • Alasan kenapa surat keterangan kerja tersebut dikeluarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja
  • Jika surat keterangan kerja ini dibuat untuk melamar di perusahaan baru, sertakan alasan kenapa Anda berhenti dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya
  • Penutup surat, memuat :
  • Ucapan terimakasih, permintaan maaf, dan permohonan agar surat keterangan kerja yang dibuat bisa digunakan sebagaimana fungsinya
  • Tanda tangan dari pihak yang menerangkan surat tersebut lengkap dengan cap perusahaan.

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebelum membuat surat keterangan kerja salah satunya gunakan format tulisan yang formal dengan font sains serif atau serif standar seperti times new roman, calibri, dan arial. Ukuran font tidak lebih dari 11 sampai 12 pt, berwarna hitam, dan spasi 1-1,5.

Contoh Surat Keterangan Kerja Di Bank BNI

BNI

Surat Keterangan Kerja

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Anisa Jauhari

NPP : 087654

Alamat : Jln. Bagus Kusuma RT. 003/008 Bandung

Adalah benar pernah bekerja pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Kota Bandung sebagai Tenaga Outsourcing PT. Persona Prima Utama yang berkedudukan di Jln. Sudirman Kota Bandung dari tanggal 12 Februari 2015 sampai dengan 20 Januari 2019 dengan posisi terakhir sebagai Administrasi Umum.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

  1. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Kantor Cabang Utama Kota Bandung

 

Aditya Yasiri

Contoh Surat Keterangan Kerja Di Perusahaan Toyota

Toyota

Surat Keterangan

8656/HRD/REM/EX/01/2015

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dengan ini menyatakan bahwa :

Sdr. Gunawan Hasan

Benar pernah bekerja pada perusahaan diatas sejak tanggal 09 Januari 2014. Terhitung tanggal 8 Januari 2015 yang bersangkutan telah berhenti bekerja karena masa perjanjian kerjanya telah berakhir.

Terakhir bekerja, yang bersangkutan bertugas sebagai staff pada :

Divisi Casting

Dan telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh dedikasi.

Atas segala jasa-jasa yang telah diberikan pada perusahaan, kami mengucapkan terima kasih disertai harapan semoga selalu sukses di masa yang akan datang.

Demikian agar yang berkepentingan menjadi maklum.

Jakarta, 08 Januari 2015

Human Resource

 

Lina D. Siagian

Division Head

Contoh Surat Keterangan Kerja Di Gramedia

Gramedia

Surat Keterangan Kerja

No : SKK/HR-Dep/III/AM.33/00.10868/032010

Yang bertanda tangan di bawah ini, Antonius Bambang Nuryono – Human Resource Development Manager – PT. Gramedia Asri Media yang berkedudukan di Gedung Perintis Lt. III Jln. Kebahagiaan No. 4-14 Jakarta Barat menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

Nama : Han Aryo Wibowo

NIK : 010589

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 21 November 1990

Alamat : Jln. Griya Hijau Utama I No 11, RT. 010/005 Kel. Pakualam Kec. Serpong Utara, Tangerang

Telah bekerja di perusahaan kami dari tanggal 1 Januari 2009 sampai dengan tanggal 31 Maret 2010 dengan jabatan terakhir sebagai Pramuniaga di Toko Buku Gramedia WTC Serpong – Tangerang.

Terhitung mulai tanggal 1 April 2010 yang bersangkutan telah berhenti bekerja.

Demikian surat keterangan ini diberikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 31 Maret 2010

 

Antonius Bambang Nuryono

Human Resource Development Manager

 

Surat keterangan kerja untuk masing masing jenis profesi tentu saja berbeda beda. Hal ini disesuaikan dengan bidang pekerjaan dari masing masing orang. Tentu saja surat kerja hanya dibutuhkan sebagai surat keterangan atau pelengkap persyaratan untuk mengurus sebuah urusan baik itu untuk keterangan peminjaman uang ke Bank atau urusan lainnya.

Untuk membuat surat kerja tentu tidak sulit dan bahkan sebagian kantor atau perusahaan menyediakan form surat kerja ini jika karyawan atau staff membutuhkannya sebagai surat keterangan atau untuk pelengkap persyaratan dalam mengurusi seuah urusan pemberkasan di berbagai bidang apapun itu.

About the author: achmad

Related Posts