Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan atau tempat kita bekerja tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Artinya harus ada kesan baik yang ditinggalkan ketika Anda tidak lagi bekerja disana, salah satu cara penyampaiannya dengan membuat surat pengunduran diri. Dengan adanya surat pengunduran ini komunikasi yang disampaikan dari pegawai ke perusahaan bisa lebih tepat dan benar.

Dalam surat pengunduran diri tentu harus ada ucapan terima kasih pada perusahaan dan permintaan maap jika kontribusi kurang bagus selama bekerja. Komponen tersebut biasanya ada dalam surat pernyataan pengunduran diri dari pekerjaan. Membuat surat pengunduran diri tentu harus menggunakan pernyataan yang tidak menyinggung semua pihak.

Lalu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang benar? Seperti apa contoh surat pengunduran diri yang cocok dijadikan sebagai referensi terbaik? Untuk mengetahui jawaban lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Benar Dengan Mudah

Surat pengunduran diri merupakan surat pernyataan yang dibuat oleh pegawai untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Tujuan surat ini biasanya pada atasan pekerja di sebuah perusahaan. Dalam pembuatan dan penulisan surat pengunduran diri terdapat beberapa komponen penting yang harus Anda perhatikan dengan baik, diantaranya :

  1. Sebutkan nama atasan yang dituju dengan awalan “Kepada Yth ….”
  2. Sertakan nama lengkap, identitas singkat, jabatan dan lama kerja atau tanggal terakhir Anda bekerja di perusahaan tersebut.
  3. Gunakan bahasa yang formal, mudah dimengerti dan tidak menimbulkan pernyataan ambigu bagi pembaca nantinya.
  4. Dalam penulisan isi surat pengunduran diri harus ringan dan padat.
  5. Jelaskan alasan mengundurkan diri dengan sopan, singkat, dan jelas. Contohnya karena sakit, pindah rumah, habis masa kontrak kerja sesuai peraturan perusahaan atau lain sebagainya. Jika memang alasannya menyangkut orang lain yang ada dalam perusahaan tempat bekerja, sebaiknya jangan disebutkan.
  6. Tidak menuliskan sebuah kesan yang buruk mengenai perusahaan tempat bekerja.
  7. Sampaikan ucapan terimakasih kepada atasan dan seluruh staff perusahaan, lebih baik jika Anda menambahkan do’a di dalamnya.
  8. Penulisan surat pengunduran diri boleh diketik, namun akan lebih baik dan terkesan lebih sopan jika ditulis tangan.
  9. Jika mau, Anda bisa menyelipkan sebuah cindra mata atau kenang-kenangan yang meninggalkan kesan terakhir kepada manager atau perusahaan sebelum mengundurkan diri.

Komponen dan bagian bagian untuk membuat surat pernyataan pengunduran diri sangat mudah untuk dibuat. Dalam membuat surat pengunduran diri tentu struktur dan susunannya harus seperti yang disebutkan diatas.

Tipe surat pengunduran diri itu biasanya di sampaikan beberapa waktu sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaan. Umumnya 1 bulan sebelum mengundurkan diri dari pekerjaan surat tersebut biasanya teah dibuat. Hal ini supaya perusahaan bisa mencari kembali pengganti Anda di perusahaan setelah Anda keluar dari pekerjaan tersebut.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan membuat surat pengunduran diri maka simak berikut ini  contoh surat pengunduran diri untuk berbagai keperluan pekerjaan. Setiap jenis pekerjaan tentu memiliki pernyataan pengunduran yang berbeda pula. Berikut contohnya!

Contoh Surat Pengunduran Diri Ke Direktur

Bandung, 12 April 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Indo Marketing Sejahtera

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Marlina Naurani

Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 24 April 1995

No. Pegawai : D98576

Jabatan : Staff Maintenance

Departemen : Quality Kontrol

Bekerja sejak : 2015

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Indo Marketing Sejahtera. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus rumah tangga. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Indo Marketing Sejahtera.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

Marlina Naurani

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Sederhana

Jakarta, 23 Januari 2018

Kepada Yth,

HRD Manager

  1. Sejahtera Mandiri

Jln. Anggur No. 25

Jakarta

 

Dengan hormat,

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi saya akan mengundurkan diri. Sesuai kontrak kerja saja, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan akan berangkat pada tanggal _____.

Sementara saya benar-benar menikmati waktu saya bekerja di PT. Sejahtera Mandiri, saya telah memutuskan untuk melakukan langkah ini dalam rangka mengembangkan karir saya untuk kedepannya. Saya ingin mengungkapkan betapa saya menghargai kesempatan yang telah saya berikan selama tiga tahun terakhir, dan akan sedih untuk meninggalkan tim.

Proyek saya saat ini up to date dan saya yakin bisa membuat serah terima proyek saya saat ini sebelum saya pergi.

Tolong beritahu saya jika Anda membutuhkan bantuan saya dengan cara lain.

 

Hormat saya

 

Sobur Fahmi

Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Formal

Malang, 10 April 2018

Kepada Yth.

Kepala Departemen Quality Control

  1. Bersama Mandiri Sejahtera

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya menghargai kesempatan yang telah diberikan di PT. Bersama Mandiri Sejahtera dan bimbingan dan dukungan profesional Anda. Saya berharap Anda dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

Nama : Muhammad Azri

Departemen : Pemasaran Produksi

Jabatan : Operator

No. ID Karyawan : 45673829

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Bersama Mandiri Sejahtera karena alasan sakit yang diderita. Surat ini saya buat dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial serta tanpa motivasi negatif. Saya berharap kepada perusahaan supaya bisa memahami kondisi saya, sehingga memberikan hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran yang saya buat dengan sebenarnya. Atas bimbingan dan dukungan yang telah banyak diberikan selama ini saya mengucapkan terimakasih.

Dengan hormat,

 

Muhammad Azri

Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Umum

Bekasi, 04 Juni 2019

Kepada Yth.

Bapak Supervisor Departemen Produksi

  1. Surya Citra Mas

Di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Revaldi Fauzan

Tempat, Tanggal Lahir : Magelang, 24 Februari 1990

Jabatan : Operator

No. Karyawan : K980765

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Surya Citra Mas. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin berwirausaha. Saya berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Supervisor Departemen Produksi PT. Surya Citra Mas yang selama ini telah membimbing saya. Mohon maaf apabila selama bekerja, saya melakukan banyak kesalahan, baik disengaja ataupun tidak. Semoga PT. Surya Citra Mas semakin maju dan lebih baik kedepannya.

Demikian pengunduran diri saya. Atas perhatian dan kemaklumannya, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

Revaldi Fauzan

Nah, itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan sesuai dengan bidang pekerjaan Anda. Biasanya surat pernyataan ada yang ditujukan secara langsung pada atasan dan ada juga yang melalui pihak tertentu di perusahaan tersebut. Semua ini tentu disesuaikan dengan aturan dan tujuan pengunduran diri dari perusahaan tersebut.

About the author: achmad

Related Posts