Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Strukturnya

Teks eksposisi merupakan informasi berbentuk tulisan yang bisa ditemukan di majalah, artikel, surat kabar baik di media cetak ataupun media elektronik. Contoh teks eksposisi tidak hanya bisa ditemukan di kedua media tersebut saja. Bahkan saat ini sudah banyak informasi maupun artikel yang ditulis di media sosial atau media online.

Jenis teks ini merupakan salah satu teks yang paling mudah ditemukan dan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, terutama saat membaca berita atau ilmu pengetahuan di berbagai media. Karena hal tersebut, tidaklah heran jika teks eksposisi menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang wajib diketahui di sekolah.

Menurut pengertiannya lengkapnya, teks eksposisi adalah teks yang berisi tentang informasi baik itu berupa gagasan pendapat ataupun fakta. Tujuannya untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada para pembaca mengenai hal tertentu. Teks eksposisi merujuk pada tulisan atau karangan berbentuk paragraf yang mengandung ilmu pengetahuan apapun terkait informasi tersebut.

Masih bingung dengan teks eksposisi? Tidak perlu bingung karena kamu bisa menemukan teks eksposisi dalam tulisan surat kabar, majalah maupun lainnya. Teks ini memang sudah tidak asing dan akan sering ditemui dalam keseharian kita. Hanya saja mungkin tidak begitu sadar dengan hal tersebut sehingga kadang melupakan semuanya.

Struktur Penulisan Teks Eksposisi

Selain memiliki unsur tersendiri, contoh teks eksposisi juga mempunyai struktur teks yang membangun sebuah teks tersebut. Lalu apa saja struktur penting yang ada dalam penulisan teks eksposisi?

  1. Struktur Teks Tesis

Tesis merupakan salah satu struktur dalam teks eksposisi yang memuat pengenalan isu, masalah dan sebuah pandangan penulis secara umum. Tesis ini terkait dengan tema atau topik yang tengah dibahas.

  1. Struktur Teks Rangkaian Argument

Rangkaian argumen dalam teks eksposisi merupakan pendapat atau argumen penulis yang berfungsi untuk menjelaskan bagian dari tesis sebelumnya. Pada umumnya, rangkaian argumen ini berisi tentang fakta-fakta yang dipakai untuk memperkuat argumen-argumen penulis.

Struktur teks ini terletak pada paragraf kedua dan ketiga. Untuk paragraf ketiga ini dilengkapi dengan fakta-fakta yang bisa mendukung tesis dan argumen. Sedangkan pada paragraf kedua isinya murni pendapat dari penulis mengenai teks yang dibahas.

  1. Stuktur Teks Penegasan Ulang

Penegasan ulang merupakan struktur dalam teks eksposisi yang berisi tentang perumusan kembali pembahasan secara ringkas. Biasanya penegasan ulang terletak di bagian akhir paragraf yang lebih dikenal dengan penutup atau kesimpulan.

Nah, itulah struktur dari teks eksposisi yang akan secara lumrah kamu temui dalam berbagai tulisan. Teks eksposisi tentu saja dibedakan dari berbagai aspek dan komponen. Misal untuk struktur dan lainnya. Berikut ini ada beberapa contoh dari teks eksposisi yang akan banyak kamu temui dalam sebuah tulisan tertentu.

Contoh Teks Eksposisi Laporan Dan Strukturnya

*Tesis

Jika pemerintah tidak dengan cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatera akan musnah. Hilangnya hutan di Sumatera juga akan diikuti oleh musnahnya hutan di Kalimantan. Pengelolaan hutan tidak hanya menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebaliknya, kecenderungannya justru akan semakin memburuk. Kebakaran hutan akan terus terjadi dan penebangan liar juga semakin meningkat. Diperburuk lagi dengan adanya rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut sudah jelas akan menambah suram nasib hutan.

*Argumentasi

Kondisi hutan Indonesia sungguh sudah sangat memprihatinkan. Dalam kurun waktu kurang lebih lima puluh tahun, hutan alam Indonesia akan mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah Sulawesi juga telah memusnahkan keanekaragaman hayati.

Berjuta-juta spesies baik flora dan fauna telah musnah dengan percuma. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan justru akan menambah masalah kerusakan hutan. Munculnya El Nino memperbutuk kondisi hutan.

Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran yang terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang sebanyak 13%, hutan dataran rendah sebanyak 10%, permukiman/pertanian masyarakat sebanyak 10%, perkebunan sebanyak 8%, dan sisanya non gambut. Kebakaran hutan memberikan kerugian yang tidak sedikit. Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya mencapai Rp. 2-4 trilliun.

*Penegasan ulang

Rupanya kedua masalah tersebut belum cukup. Pemerintah juga menambah masalah lagi dengan rencana pembukaan kawasan hutan lindung yang digunakan untuk areal pertambangan. Kebijakan tersebut jelas akan semakin menyempurnakan derita hutan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan Dan Strukturnya

*Tesis

Ilmu alam adalah ilmu yang mempelajari tentang objek empiris di alam semesta. Mempelajari berbagai gejala dan peristiwa sesuai dengan objek telaahnya dan bermanfaat untuk kehidupan manusia. Karena objek telaahnya, sehingga ilmu alam bisa disebut sebagai pengetahuan empiris. Memiliki asumsi terkait objek telaahnya.

Menganggap objek-objek tertentu mempunyai suatu kemiripan satu dengan lainnya, objek yang dipelajari tak pernah mengalami perubahan baik dalam perspektif tempat dan waktu. Menganggap setiap gejala bukan bagian dari gejala kejadian yang mempunyai sifat kebetulan.

*Argumentasi

Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan segala aspek kehidupannya, yaitu tingkah laku, ciri khasnya, dan hubungan dengan yang lain. Terjadi dalam lingkup perseorangan maupun secara bersama-sama baik dalam jumlah kecil maupun jumlah besar.

Objek ilmu sosial dengan objek ilmu alam tidaklah sama. Material objek dalam ilmu sosial adalah berupa tingkah laku dengan tindakan yang khas manusia, bebas, dan tidak deterministik.

Beberapa karakter penelaahan objek ilmu sosial yaitu objek penelaahan yang kompleks, kesulitan dalam pengamatan karena sifat objek yang berubah-ubah, objek penelaahan ilmu sosial tidak terulang, hubungan antara peneliti dengan objek peneliti sosial sering kali sulit untuk diprediksi. Dalam menjelaskan ilmu sosial dibutuhkan penjelasan yang lebih rinci untuk menerangkan suatu gejala.

*Penegasan ulang

Perbedaan antara ilmu alam dan ilmu sosial berada di bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam mempelajari hal yang objektif, tidak hidup dan dunia fisik sehingga tidak mengalami perubahan jangka waktu tertentu.

Sedangkan ilmu sosial adalah proses hasil akal manusia, subjektif dan emotif, yaitu adalah tingkah laku khas manusia. Namun dari keduanya mempunyai manfaat yang sama penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Berbicara mengenai teks eksposisi tentu saja bukan merupakan hal yang asing. Teks eksposisi pada dasarnya merupakan sebuah pernyataan dan diakhiri akan ditegaskan ulang dengan pernyataan penegasan. Jika kamu rajin membaca surat kabar atau majalah dan bacaan lainnya mungkin akan lebih sering untuk menemukan jenis teks eksposisi ini.

Nah, sudah tidak bingung lagi dengan apa itu teks eksposisi? Dari beberapa contoh diatas tentu sudah dijelaskan secara gamblang mengenai contoh contoh dari teks eksposisi tersebut. Coba kamu cari majalah atau surat kabar dan temukan teks teks tersebut sebagai teks eksposisi dalam sebuah bacaan. Akan lebih mudah ditemui di semua jenis bacaan baik itu majalah ataupun bacaan lainnya.

About the author: achmad

Related Posts