San Diego Hills, Tempat Pemakaman Pudjianto

San Diego Hills adalah pemakaman elit dengan konsep forest lawn seperti yang ada di California. Agar memiliki ciri khas Indonesia, konsep tersebut dipadukan dengan budaya Indonesia. Banyak orang yang sudah berinvestasi di San Diego Hills sebagai persiapan di masa depan, dan tidak jarang beberapa orang terkenal dimakamkan di sini, termasuk salah satunya Pudjianto.

Mengenal Pudjianto

Pudjianto atau Lie Poo Djian adalah seorang pemain bulu tangkis asal Indonesia yang lahir pada tanggal 25 Agustus 1932 di Purwokerto, Jawa Tengah. Penggemar bulutangkis pasti pernah mendengar nama tim Thomas Indonesia yang dikenal sebagai “tujuh pendekar” yang terdiri dari Olich Solihin, Eddy Jusuf, Njoo Kim Bie, Tan King Gwan, Ferry Sonneville, Tan Joe Hok, dan Pudjiantro.

Tim Thomas Indonesia bahkan pernah menjuarai Piala Thomas di Indonesia setelah mengalahkan juara bertahan Malaya (yang saat ini dikenal sebagai Malaysia) dengan skor 6-3 pada tahun 1958. Tim Thomas memang merupakan tim yang populer pada masanya.

Pudjianto berperan sebagai pemain ganda berpasangan dengan Tan Joe Hok dan juga sekaligus merupakan pemain tunggal dalam pertandingan melawan Malaysia. Selain menjuarai Piala Thomas pada tahun 1958, Pudjianto juga memenangkan pertandingan Jakarta melawan Thailand dengan skor 6-3 dan memenangkan Piala Thomas pada tahun 1961.

Pemakaman Pudjianto di San Diego Hills

Sayangnya, Pudjianto meninggal karena stroke yang sudah lama dideritanya. Ia meninggal di Jakarta pada 9 Agustus 2008 pada usia 75 tahun. Jenazah Pudjianto dimakamkan di aula upacara di San Diego Hills Memorial Park di kawasan Heroes Plaza, Karawang, Jawa Barat.

San Diego Hills sendiri merupakan tempat pemakaman elit terbukti dari begitu banyak tokoh nasional, pahlawan, pengusaha dan selebritis beserta keluarganya yang dimakamkan di San Diego Hills. Pemakaman ini memberikan suasana asri dan sangat hijau karena mengadopsi konsep rerumputan dan pepohonan dengan lahan seluas 502 hektar yang memberikan kenyamanan bagi keluarga yang berkunjung.

San Diego Hills juga menyediakan paket pemesanan bagi masyarakat yang ingin mengadakan pemakaman yaitu paket VIP dan paket VVIP dengan layanan meliputi menggali dan menutup lubang, meletakkan peti, karpet, tenda, kursi dan minuman untuk tamu yang menghadiri acara pemakaman. Harga paket VIP Rp 107 juta, dan harga paket VVIP Rp 173 juta.

San Diego Hills juga menyediakan tempat pemakaman yang dikhususkan untuk berbagai agama, sehingga setiap agama yang dianut dapat dimakamkan dengan memilih area yang memiliki bangunan yang telah disesuaikan dengan peraturan dan kaidah agama masing-masing.

Sesuai dengan agama yang dianut, San Diego Hills membagi lahannya menjadi 3 area yaitu area universal, area islam, dan area tionghoa. Jadi setiap area sudah memiliki lahan makam dan bangunan yang telah disesuaikan dengan aturan dalam setiap agama misalnya menurut aturan kaidah feng shui, makam yang menghadap kiblat, dan lainnya. Jadi tidak ada perbedaan antar masyarakat apalagi mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya agama, suku dan budaya.

San Diego Hills menjadi pilihan yang tepat bagi yang sedang mencari tempat pemakaman yang mewah dan juga nyaman. Bahkan lingkungannya selalu dijaga selama 24 jam. Menariknya, San Diego Hills bukan hanya memiliki tempat pemakaman di bawah tanah namun juga bangunan penyimpanan abu jenazah bagi yang dimekrasi. Semua fasilitas keluarga juga sangat lengkap di San Diego Hills untuk menunjang kenyamanan.

About the author: achmad